Pengajian KH Abdul Ghofur Pengasuh Pesantren Sunan Drajat Lamongan





KH Abdul Ghofur, adalah pengasuh Pondok Pesantren Sunan Drajat Paciran Lamongan. Sosok seorang kyai yang dilahirkan pada tanggal 12 Pebruari 1949 di dusun Banjaranyar desa Banjarwati kecamatan Paciran Lamongan. Beliau adalah putra ketiga dari sepuluh bersaudara pasangan dari H. Marthokan dan Hj. Kasiyami.
Ayahnya adalah tokoh masyarakat yang mengabdikan dirinya utuk perjuangan islam, karena pada saat itu masyarakat desa Banjaranyar terjerumus dalam kesesatan, sampai memuja pohon dan makam (kuburan kuno).

Bahkan tempat dimana Raden Qosim Sunan Drajat mendirikan pesantren dijadikan tempat pemujaan dan lahan kemaksiatan (perjudian dan prostitusi). Sejak itulah H. Marthokan menggembleng (mendidik) Abdul Ghofur kecil untuk menajadi sosok penerus pejuang islam dan menegakkan panji-panji islam di desa Banjaranyar.

Dengan dibekali berbagai ilmu pondok di beberapa pesantren di wilayah Jawa Timur dan Jawa Tengah, akhirnya pada tahun 1977 Beliau pulang kampung dan berdirilah Pondok Pesantren Sunan Drajat di tempat kelahirannya sampai dengan sekarang.

Sahabat muslim sekalian...,
Untuk menyingkat waktu, kami sampaikan kehadapan anda file-file audio rekaman yang berhubungan dengan ibadah haji dan ibadah lainnya yang Beliau sampaikan kepada santri-santrinya. Silahkan Klik disini