Penjelasan tentang Dalil kegiatan Tahlilan dan Tawasul Selamatan Oleh KH Marzuki Mustamar - Malang



KH Marzuki Mustamar dalam ceramahnya kepada para Santri/Jamaah Ta'lim di Pesantren Tambak Beras Jombang Jawa Timur, menyampaikan secara gamblang tentang dasar-dasar atau dalil seputaran kegiatan yang sering dilakukan oleh masyarakat terutama di lingkungan NU. Kegiatan seperti misalnya tahlilan/genduren (jawa), manakiban dan kegiatan lain yang sering dilaksanakan di tengah-tengah masyarakat.


Di kala ajaran-ajaran yang berbau Islam beredar di tengah masyarakat luas, tentunya sebagai seorang tokoh agama Islam, sudah sepantasnya dan seharusnya beliau beserta para ulama' lain merasa prihatin dengan kondisi yang terjadi seperti sekarang. Pengaruh negatif yang mewabah di tengah masyarakat akan ajaran yang sesat dan tidak bertanggung jawab tersebut yang akan merusak akidah yang sudah digariskan oleh para ulama' pendahulu yang bermuara pada ajaran Nabi SAW.

Bagaimana bisa dibenarkan apabila ajaran tersebut menghalalkan daging anjing lantaran menurut aliran sesat  tersebut bahwa di dalam Al Quran tidak ada ajaran yang melarangnya, Astaghfirullohal'adhim...

Banyak pimpinan aliran tertentu yang mengkafirkan NU dengan alasan ajarannya adalah bid'ah seperti kegiatan tahlilan tadi. Padahal kegiatan tersebut merupakan aplikasi dari ajaran Nabi SAW yang mempunyai dasar yang kuat dan tidak diragukan lagi, lanjut Kyai dari Malang Jawa Timur ini.

Sahabat Muslim, untuk lebih jelasnya, silahkan anda unduh dengan menge-klik disini. Semoga bermanfaat bagi kita semua.