Nasehat KH Anwar Zahid saat Walimatul 'ursy di Bojonegoro


Sahabat Muslim yang Budiman...,

Nikah adalah merupakan perintah sunah yang telah dituntunkan oleh Nabi Muhammad SAW. Bagi kaum muslim yang sudah masuk pada masanya dan merasa mampu untuk menjalaninya, maka dianjurkan untuk segera melangsungkan pernikahan.

Akan tetapi walaupun mempunyai bermacam- macam tujuan, "pernikahan" selayaknya harus karena dengan dorongan niat yang benar yaitu dengan niat melaksanakan tuntunan nabi, jangan hanya sekedar menyalurkan keinginan yang terpendam dalam hati. Inilah beberapa patah kata yang disampaikan oleh KH Anwar Zahid dalam mengawali ceramah pada acara walimatul ursy saat memenuhi undangan temu temanten di Bojonegoro beberapa waktu yang lalu.

Diharapkan dalam membina mahligai rumah tangga, sebagai suami istri harus bisa saling menutupi kekurangan masing-masing pasangan. Karena biasanya diawal pernikahan segalanya terasa indah, akan tetapi lambat laun seiring dengan datangnya berbagai permasalahan rumah tangga, maka keharmonisan yang dicita-citakan diawal pernikahan akan sirna seketika. 

Karena sifat alami seluruh isi dunia ini adalah bagus pada awalnya saja, setelah itu makin habis rasa enaknya seiring dengan perjalanan waktu. Makin tidak enak...makin tidak enak. Oleh karenanya sebagai Pasutri, harus berhati-hati dan saling pengertian. Berbeda dengan yang terjadi di akherat kelak, segalanya akan terasa makin enak..makin enak....

Sebagai contoh, beliau menceritakan saat kita makan "soto". Di saat memasukkan sendok pertama, kedua...., akan berbeda dengan masuknya sendok ke-30 umpamanya, karena lama-lama menjadi biasa rasanya (jawa ; blenger) karena sudah terasa kenyang.

Sahabat sekalian...

Untuk lebih jelasnya mari kita simak mauidoh hasanah beliau dalam bentuk rekaman audio. Silahkan didownload disini bagi anda yang berkenan untuk menjadikan arsip di rumah anda masing-masing.