Ceramah AA GYM pada Jamaah Sholat Tarawih tentang pentingnya menghargai WAKTU


KH Abdullah Gymnastiar (AA GYM) dalam ceramahnya di Pondok Pesantren Darut Tauhid Bandung yang diasuhnya baru-baru ini. Dalam ceramah kepada jamaah Sholat Tarawih tersebut Beliau menerangkan tentang manfaat menghargai waktu. Sebab sekali waktu sudah berlalu, niscaya manusia akan mengalami kerugian yang luar biasa bila tidak dilalui dengan hal yang berguna.

Selanjutnya, didalam meniti hidup ini kita harus menjaga lesan kita di dalam bergaul setiap saat. Sebagaimana beliau mencontohkan Amiril Mukminin Sayidina Umar Bin Khottob RA. Sekali beliau berkata salah, maka akan diancam 10 balasan kejelekan. Dan Sayidina Umar menjawab, "10 kali ia dihina, maka beliau tidak akan berkata sedikitpun".

Dihina, dicaci dan disakiti akan berpengaruh baik untuk kita, asalkan kita  ikhlas menerimanya,  karena akan menghilangkan dosa kita. Sebaliknya yang berbahaya adalah apabila kita yang menghina dan menfitnah pada orang lain, karena akan menambah dosa kita, lanjut Kyai yang terkenal dengan "teori management qolbu" ini.

Selanjutnya, apabila Anda ingin mendengarkan ceramah lengkapnya, silahkan unduh file audionya disini. Semoga bermanfaat, Amin.